BAHAYA YANG MUNCUL JIKA TERLALU SERING MEMAKAI HEADSET

Seiring perkembangan jaman, kecanggihan suatu alat menjadi semakin modern. Misalnya perkembangan dalam mendengarkan musik. Orang dahulu masih memakai speaker  untuk mendengarkan. Namun sekarang ini orang-orang mulai menggunakan headset. Ya.. mendengarkan musik lewat headset lebih simpel karena tidak akan mengganggu orang lain. Dibalik itu, ternyata ada bahaya yang mengancam. Ternyata ada bahaya yang muncul jika terlalu sering memakai headset.

Saya yakin semua orang pernah memakai headset. Namun sebelum membahas bahaya dari sebuah headset.  Headset merupakan speaker kecil yang langsung ditempelkan ke telinga. Orang-orang menggunakan headset untuk mendengarkan musik atau telepon.




Headset terdapat berbagai macam jenis dan harganya. Mulai harga 25 ribuan sampai jutaan.  Memang mendengarkan musik menggunakan headset akan lebih nyaman. Karena tidak akan mengganggu orang lain.

Taukah kamu, ternyata headset memancarkan radiasi. Radiasi inilah yang bisa mengganggu kesehatan terutama kesehatan telingga. Yuk kita bahas apa saja bahaya yang muncul jika terlalu sering memakai headset.

1. Kerusakan Permanen pada Telinga

Dampak pertama yang muncul dari terlalu sering memakai headset adalah pendengaran telinga mengalami kerusakan permanen. Hal tersebut dikarenakan telinga mengalami kelebihan beban menampung suara dari heatset yang langsung ditempelkan ke telinga. 

Jika anda mendengarkan musik dengan heatset sebaiknya jangan memutar volume terlalu keras. Volume suara yang dikeluarkan dari perangkat ini bisa berdampak langsung pada organ telinga. Karena sumber bunyi langsung menempel pada telinga.

2. Kehilangan pendengaran di usia 20an

Dari sebuah survey penelitian, kebanyakan orang yang menggunakan headset adalah orang diusia 20an. Memang dampak ini tidak muncul secara langsung. Dampak akan muncul beberapa waktu kemudian yang dibarengi keseringan memakan heatset. Dampak ini muncul secara bertahap.

3. kerusakan otak

Heatset ini termasuk salah satu alat yang mengeluarkan gelombang elektromagnetik. Berdasarkan penelitian, gelombang elektromagnetik berpengaruh terhadap sistem listrik yang ada di otak. Ini didasarkan penelitian gelombang elektromagnetik terhadap otak tikus.

Meskipun belum ada laporan kerusakan otak karena heatset, tapi ada baiknya tetap waspada. Jika terlalu sering memakai alat ini kemungkinan otak terpapar gelombang elektromaknetik akan lebih sering.

Baca Juga : Cara Mencegah Radiasi Smartphone

4. Ambang pendengaran

Penggunaan headset terlalu sering akan mempengaruhi ambang pendengaran. Apalagi saat menyetel volume terlalu keras. Kemungkinan akan mengalami penurunan pendengaran. Dan akan sulit mendengarkan suara yang pelan. Jika dibiarkan maka telinga akan mengalami kerusakan permanen.

5. Infeksi padaTeling

Jika anda menggunakan heatset secara bersama dengan orang lain  kemungkinan bisa terkena infeksi. Heatset yang digunakan secara bersama akan menjadi sarang kuman. Kuman ini akan mudah menular jika digunakan secara bergantian. 

7. Sarang kuman

Charles Gerba adalah salah seorang profesor mikrobiologi dari universitas Arizona pernah melakukan penelitian tentang lokasi terbanyak kuman berkumpul di tempat kerja. Dari hasil penelitian, di ponsel dan headset inilah menjadi tempat kumpulnya kuman lebih banyak dibanding toilet.

6. Radiasi

Perangkat headset biasanya akan memunculkan radiasi. Meskipun radiasi ini terbilang kecil, namun jika terlalu sering digunakan bisa berdampak bagi kesehatan telinga. Telinga akan lebih rentan terkena penyakit.

Selain itu penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan kanker, autisme, tumor otak, dan bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Nah jika anda terlalu sering menggunakan heatset ada baiknya segera dirubah. Mendengarkan musik tanpa headset mulai dibiasakan. Hal ini untuk meminimalisir dari bahaya yang muncul jika terlalu sering memakai headset. Memang tidak ada larangan memakai heatset, tapi sebaiknya dikurangi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "BAHAYA YANG MUNCUL JIKA TERLALU SERING MEMAKAI HEADSET"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel