8 Dampak Buruk Jika Kurang Tidur

Tidur adalah sifat alami yang dimiliki oleh setiap manusia, dengan tidur manusia dapat memulihkan energi yang digunakannya. Dan tidur dengan cukup bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

dampak buruk kurang tidur


Namun bagaimana jadinya jika kita kurang tidur dalam sehari?, pastinya ada dampak buruk yang akan kita alami.

Sudah umum diketahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya rasa fresh dalam tubuh, dan rasa gelisah lainnya. Beberapa dampak buruk jika kurang tidur.

Dampak buruk jika kurang tidur.


1. Kantung mata berwarna hitam.

Sudah tak dapat diragukan lagi, bahwa ketika tubuh kita kekurangan istirahat akan muncul rasa lelah. Rasa lelah ini diwakilkan dengan tanda dibawah mata, yaitu berupa kantung mata berwarna gelap.

Hal ini terjadi karena kurangnya tidur, dan terlalu sering bergadang.

2. Kecerahan kulit menurun.

Betapa banyaknya manfat yang akan kita dapat jika tidur dalam waktu yang cukup, salah satunya efek cerah pada kulit. Namun sebaliknya akan terjadi jika kita kurang tidur. Yaitu yang awalnya kulit cerah malah jadi memudar kecerahannya, hanya karena kekurangan tidur.

Hal ini pasti membuat rasa tidak percaya diri, sehingga membuat kita minder.

Baca manfaat saffron untuk kesehatan kulit.

3. Kurang Fokus saat bekerja.

Biasanya bergadang itu sering dilakukan oleh orang yang masih usia remaja, seperti pelajar SMP/SMA. Umur segitu masih sering bergadang sampai larut malam, dan  kurang tidur.

Efeknya ketika di sekolah jadinya kurang fokus dengan pekerjaan, dan cepat lelah. Tak hanya itu, bisa jadi pelajaran yang diterangkan tidak bisa dicerna dengan baik.

4. Rasa pegal.

Umumnya ketika kurang tidur, tubuh kita ini akan merasakan rasa pegal di bagian punggung. Ketika tidak segera diatasi bisa membuat rasa sakit lain seperti pusing dan gak nafsu untuk melakukan sesuatu.

5. Lebih mudah terkena penyakit.

Kurangnya tidur ternyata dapat memberikan efek seperti lebih mudah terkena penyakit. Itu dikarenakan kurangnya tidur akan memberikan efek seperti tidak mood dan lebih sering cemas.

6.  Mempercepat penuaan dini.

Faktanya ketika tubuh kurang tidur akan muncul kerut pada kulit, dan mata menjadi pucat. Hal demikian tentunya menjadi ciri-ciri dari gejala penuaan dini.

Maka dari itu tidur dengan cukup itu sangat dianjurkan, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

7. Kecelakaan.

Bayangkan saja ketika kita kurang tidur dalam sehari, dan memiliki pekerjaan yang banyak. Dan pekerjaan menuntut untuk selalu berpergian menggunakan kendaraan, ketika dalam keadaan ngantuk.

Apa yang terjadi?

Mungkin bisa jadi kecelakaan terjadi akibat rasa ngantuk dari kurang tidur.




Lalu bagaimana agar tidak mendapatkan dampak buruk dari kurang tidur?

Jawaban satu-satunya adalah tidurlah dengan cukup setiap harinya, kerjaan pekerjaan dengan teratur. Jangan sampai bergadang, karena efek dari kurang tidur itu sangat mengerikan.

Bahkan dikatakan bahwa orang yang mengalami insomnia atau gangguan tidur beresiko mengalami serangan jantung.

8. Menurunnya daya ingat pikiran.

Ketika kita tidur, otak kita akan mencerna apa yang telah kita lakukan pada hari itu. Namun jika kita kurang tidur maka semua yang kita lakukan akan lebih lama dicerna oleh otak kita.

Seperti pengalaman pribadi saya, ketika belajar membaca 1 halaman buku. Pada saat itu belum masuk ke otak, tapi setelah sehari mengalami proses tidur, apa yang telah saya baca kemarin itu bisa dipahami.

Itulah mengapa tidur dengan cukup sangat baik untuk kesehatan kita.

Nah demikianlah dampak buruk dari kurang tidur, semoga bermanfaat.

Baca juga cara ampuh mengatasi stres.

0 Response to "8 Dampak Buruk Jika Kurang Tidur "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel