Cara Mudah Mengatasi Gangguan Susah Tidur


Saat tidur, Anda bisa memulihkan tenaga yang telah dikeluarkan seharian. Namun, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Jangan khawatir karena banyak cara mengatasi gangguan susah tidur. Sehingga tidak akan terjadi insomnia.

mengatas susah tidur



Beberapa Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur
Tidur merupakan kebutuhan yang harus dicukupi. Jika tidak, bisa jadi mata akan menjadi merah dan kondisi tubuh melemah. Berikut beberapa cara untuk mengatasi gangguan susah tidur:

Hindari Ponsel

Saat menggunakan ponsel, akan terjadi kontak langsung dengan mata. Dengan begitu, mata akan bekerja lebih ekstra. Hal tersebut akan berakibat otot mata merasa tegang. Otot mata yang tegang akan susah untuk dipejamkan.
Jika ingin tidur, letakkan ponsel jauh dari jangkauan. Lebih baik jika Anda mematikan ponsel tersebut. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel juga tidak sehat untuk tubuh. Gunakanlah ponsel saat penting saja. Namun, jangan terus-terusan.

Matikan Lampu

Lampu yang menyala biasanya mengganggu proses tidur. Cahaya yang banyak membuat mata susah dipejamkan. Hal tersebut dikarenakan sinar lampu membuat mata tetap aktif. Sehingga otak merespon yang mengakibatkan susah tidur.
Jika dirasa gelap kurang nyaman, bisa menggunakan lampu kecil ataupun lampu remang-remang. Dengan begitu, tetap bisa melihat dalam keadaan gelap dan mata tidak akan silau dengan lampu tersebut.

Minum Susu

Meminum susu dapat membuat tidur enak. Namun, minumlah susu hangat. Susu hangat yang masuk ke dalam tubuh akan membuat perut merasa nyaman. Dengan begitu, otak juga akan rileks. Dan Anda pun akan cepat tidur dengan nyenyak.
Manfaat susu sangat banyak, selain dapat membuat tidur nyenyak juga banyak mengandung vitamin dan zat yang baik untuk tubuh. Tidak ada salahnya mengkonsumsi susu setiap hari. Namun minumlah susu yang sesuai dengan umur.

Lakukan Hitung Mundur

Cara mengatasi gangguan susah tidur berikutnya adalah menghitung angka secara mundur. Tidak usah banyak, mulailah dari angkan 20 sampai 0. Jika dirasa belum ngantuk maka bisa mengulanginya. Lakukan cara ini sambil menatap langit-langit rumah.
Saat melakukan cara ini, saraf parasimpatis akan terangsang. Saraf tersebut akan membuat tekanan di dalam tubuh menurun serta memperlambat pernapasan. Kedua hal tersebut jika terjadi bersamaan membuat seseorang akan menguap dan merasakan ngantuk.

Atur Pola Tidur

Waktu tidur harus teratur, jika tidak ingin mengalami gangguan. Kurangilah tidur siang agar malam bisa merasakan ngantuk. Kebanyakan orang yang tidur siang, saat malam mereka akan sulit untuk tidur. Atau saat malam tidur terlalu larut.
Usahakan dalam sehari tidur minimal selama 8 jam. Namun juga jangan kebanyakan tidur, hal tersebut akan berakibat otak menjadi kurang gerak dan malas saat melakukan aktivitas setiap harinya.

Minum Obat Tidur

Solusi terakir untuk orang yang susah tidut adalah meminum obat. Cara ini terbilang cukup ekstrim. Jadi jika tidak memiliki badan sehat, jangan melakukan cara tersebut. Untuk membeli obat tidur dengan dosis rendah, Anda bisa berkonsultasi ke apotik terdekat.

Untuk harga obat tidur sendiri tidak terlalau mahal. Namun, jangan sering-sering menggunakan obat tersebut. karena mengkonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan organ dalam tubuh tidak bekerja maksimal.

Setelah mengetahui cara mengatasi gangguan susah tidur, Anda bisa memilih cara mana yang dianggap terbaik. Mungkin beberapa orang membiarkan saja jika tidak bisa tidur. Mereka beranggapan dengan memejamkan mata secara terus menerus maka otomatis akan tidur dengan sendirinya.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Gangguan Susah Tidur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel