WAJIB TAHU...JANGAN LEWATKAN 7 MANFAAT PARE UNTUK KESEHATAN

Inilah 7 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Jangan lewatkan manfaat pare untuk kesehatan - Siapa yang tidak tahu dengan bahan makanan yang pahit satu ini. Pare, Ya,, buah pare memiki rasa yang pahit. Sebagian besar orang tidak menyukai buah yang satu ini karena rasanya yang pahit.



Pare ini mudah dijumpai di negara India dan sebagian di Asia. Di negara kita, yaitu Indonesia, pare juga sangat mudah ditemui, baik itu dipasar, supermarket, bahkan di pedagang sayur keliling.

Pare biasanya digunakan untuk campuran somay. Selain untuk campuran somay, di negera kita umumnya pare dimasak dengan cara ditumis. Memang ada beberapa orang yang menjadikan pare untuk minuman jus.

Dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Itulah mengapa banyak orang yang menjadikan pare sebagai makanan sehat. Jika anda belum tahu manfaat pare, anda harus membaca tulisan ini sampai selesai. Berikut adalah manfaat pare untuk kesehatan.

1. Pare bisa mengendalikan kadar gula darah

Manfaat dari pare yang pertama adalah mengendalikan kadar gula darah. Pare memiliki kandungan semacam insulin untuk menstabilkan kadar gula dalam darah atau glukosa. Dengan kandungan ini, tubuh bisa memaksimalkan glukosa diolah menjadi energi. Itulah mengapa pare bisa menjaga dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini anda bisa mengolah pare menjadi jus. Meskipun rasa yang didapat dari jus ini adalah pahit, anda bisa mendapatkan khasiat kandungan gula dalam darah menjadi normal.

2. Pare bisa menyehatkan untuk liver

Pare bagus untuk kesehatan liver. Pare ini bisa meningkatkan fungsi kantung empedu dan mengurangi cairan liver yang berlebihan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ekstrak pare memiliki kandungan glutathinone peroxidase (GPx), superoxide dismutase dan catalase. Zat ini mampu mengurangi resiko kerusakan hati dan penyakit hepatitis.

3. Memaksimalkan fungsi pencernaan

Pare bagus untuk kesehatan pencernaan. Karena selain rendah kalori, pare memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat membantu pencernaan menjadi lancar. Itu sebabnya pare bisa menjaga kesehatan pencernaan. Selain serat, kandungan pare yang tinggi adalah vitamin dan mineral.

Selain menjaga kesehatan pencernaan, pare juga baik untuk orang yang sedang diet. Perncernaan yang lancar bisa mengurangi berat badan. Selain itu pare juga bermanfaat mencegah sembelit.

4. Kandungan vitamin K yang tinggi di pare

Pare sangat baik untuk kesehatan tulang. Karena pare mengandung vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini baik untuk kesehatan tulang. Peran vitamin K ini juga membantu penyebaran kalsium ke seluruh tubuh. Dengan demikian kepadatan tulang lebih terjaga. Selain itu, vitamin K juga bermanfaat untuk penyembuhan luka, yaitu mempercepat pembekuan darah di tempat yang terluka.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pare mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan ini akan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. 

Jaman dahulu, orang cina menggunakan jus pare untuk pengobatan. Pare dipercaya bisa mengobati flu, batuk, bronkhitis, dan radang tenggorokan.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Pare sering digunakan orang cina pada zaman dahulu untuk mengobati penyakit kulit, seperti panu. Selain itu pare juga bermanfaat mengencangkan kulit, membuat kulit lebih cerah, dan mengobati jerawat. Anda bisa memanfaatkan pare untuk kesehatan kulit dengan cara menjadikan jus.

7. Membantu menghilangkan batu ginjal

Manfaat pare yang kedua adalah membantu menghilangkan batu ginjal. Bagi orang yang menderita batu ginjal bisa mengkonsumsi pare. Pare bisa mengurangi kadar asam penghasil batu ginjal dari dalam tubuh.

Itulah 7 manfaat pare untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan pare dengan direbus atau dengan ditumis. Selain itu bisa juga dijadikan jus. Jika dijadikan jus, ada baiknya tidak ditambah gula. Semoga bermanfaat.

0 Response to "WAJIB TAHU...JANGAN LEWATKAN 7 MANFAAT PARE UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel