APA ITU HEPATITIS? KENALI HEPATITIS DAN PENYEBEBNYA

KENALI HEPATITIS DAN PENYEBEBNYA

Apa itu hepatitis? mengenal penyakit hepatitis dan penyebabnya. Di televisi baru-baru ini memberitakan tentang penyakit hepatitis. Hepatitis mewabah di desa yang berlokasi di pacitan. Penderita yang terkena hepatitis didesa itu mencapai seratus orang.

Kok bisa banyak banget yang terkena hepatitis? Ya.. Karena penyakit hepatitis ini mudah sekali menular. Penularan penyakit hepatitis ini bisa melalui makanan atau minuman, bahkan kontak langsung dengan penderita hepatitis.

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus.

Penyakit hepatitis ini juga bisa meningkatkan resiko dari kanker hati. Jika tidak segera diobati, hepatitis akan berkembang menjadi kanker hati. Nah itulah mengapa Hepatitis termasuk dalam penyakit yang berbahaya.

Sekarang ini hepatitis telah diidentifikasi menjadi 5 jenis. Jenis dari penyakit hepatitis ini adalah hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Kelima jenis hepatitis ini sama-sama menyerang organ hati.

Meskipun kelima penyakit hepatitis tersebut sama-sama menyerang organ hati, namun virus penyebabnya berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis dari virus hepatitis.

Virus hepatitis A (HAV)

Yang pertama adalah virus hepatitis jenis A. Virus inilah yang mewabah di Pacitan, Jawa Timur. Virus hepatitis A ini menular melalui makanan yang telah terkontaminasi virus, feses atau urin yang mengandung HAV. Dengan demikian, jika ada sistem sanitasi yang buruk akan memiliki resiko yang tinggi terkena hepatitis A.

Selain itu, berhubungan suami istri dengan penderita hepatitis A juga akan menularkan penyakit ini. Kontak langsung dengan penderita hepatitis akan mudah menyebarkan virus HAV. Gejala awal dari penyakit ini adalah pusing, demam, muncul penyakit kuning.

Untuk pencegahan dari terkena virus hepatitis ini adalah dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, selalu menjaga kebersihan lingkungan, membuat sistem sanitasi yang baik, dan menghindari kontak langsung dengan penderita hepatitis.

Virus hepatitis B (HBV)

Ini adalah virus penyebab hepatitis B. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh yang mengandung virus hepatitis B. Cairan tersebut antara lain darah, air mani, dan cairan lainnya. Karena virus ini menyebar melalui cairan tubuh, hepatitis B menular melalui transfusi darah. Bisa juga menular karena jarum suntik yang tidak steril karena digunakan lebih dari satu kali. 

Untuk pencegahan dari penyakit hepatitis B ini bisa dilakukan dengan vaksinasi, menghindari kontak langsung dengan penderita, tidak menggunakan jarum suntik sembarangan, dan juga jika melakukan transfusi darah memilih darah yang steril. 

Hepatitis B ini juga bisa diturunkan dari Ibu ke bayi. Bayi memiliki resiko besar terhadap penyakit hepatitis B ini.

Penyakit hepatitis B ini akan berkembang menjadi kronis selama 6 bulan. Setelah penyakit hepatitis ini menjadi kronis, akan berkembang menjadi kanker hati.

Virus hepatitis C (HCV)

Yang berikutnya adalah virus hepatitis C (HCV). Virus ini menyebabkan penyakit hepatitis C. Virus ini biasanya menular melalui proses transfusi darah.  Selain itu juga bisa menular melalui jarum suntik yang digunakan bersama-sama.

Untuk menghindari terkena penyakit hepatitis ini bisa dilakukan dengan tidak memaki barang pribadi orang lain, misalnya sikat gigi. Selanjutnya adalah tidak melakukan tatto dan tindik ditempat yang tidak steril, tidak memakai jarum suntik bersama-sama, dan tidak gonta-ganti pasangan.

Biasanya penyakit hepatitis ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika kondisi semakin parah biasanya dokter akan menyarankan transpalasi hati. Untuk saat ini vaksin pencegah hepatitis C ini belum ada.

Virus hepatitis D (HDV)

Virus hepatitis D (HDV) akan menyebabkan penyakit hepatitis D. Proses penularannya melalui cairan tubuh. Kontak langsung dengan penderita hepatitis D akan menyebabkan tertularnya penyakit ini. selain itu hepatitis D bisa menular melalui jarum suntik yang terkontaminasi virus HDV. 

Biasanya orang yang terkena hepatitis B juga terkena hepatitis D. Hepatitis D ini menyebabkan gejala hepatitis B semakin parah. Biasanya akan terlihat gejalanya sekitar 21-45 hari. Gejalanya antara lain demam, pusing, muntah-muntah, kulit menguning, nyeri, bahkan sampai memar atau pendarahan. Jika kondisi semakin parah bisa komplikasi dengan penyakit liver atau kanker hati.

Obat untuk hepatitis D ini belum ada yang memuaskan. Para dokter memberikan obat untuk mencegah kerusakan hati. Untuk pencegahan sama dengan pencegahan hepatitis yang lain. 

Virus hepatitis E (HEV)

Virus HEV ini menyebabkan penyakit hepatitis E. Virus ini biasanya menular melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Proses pemasakan air atau penyajian makanan setengah matang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit hepatitis E.

Untuk pencegahan juga sama dengan pencegahan penyakit hepatitis pada umumnya. Sedangkan untuk vaksinnya sudah dikembangkan, namun masih belum beredar.

Itulah informasi dari virus penyebab hepatitis. Pencegahan dini sangat diperlukan untuk menghindari tumbuh kembangnya virus ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "APA ITU HEPATITIS? KENALI HEPATITIS DAN PENYEBEBNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel