Mengenal Kemoterapi, Pengertian Dan Efek Sampingnya

Pengertian Kemoterapi Dan Efek Sampingnya

Pengertian Kemoterapi

Istilah kemoterapi saya sudah tidak asing di telinga kita. Kata tersebut sering didengar melalui televisi, radio, atau langsung dari orang. Tapi apakah kamu tahu maksud dari kemoterapi?

Kemoterapi ini merupakan istilah pengobatan bagi penderita kanker. Kemoterapi merupakan pengobatan bagi penderita kanker dengan menggunakan obat-obatan. Orang-orang umumnya menyebutkan dengan istilah kemo. Ini dikarenakan orang-orang merasa lebih mudah dalam penyeb2utannya.

Kemo ini bertujuan untuk menyembuhkan kanker. Namun kemo berbeda dengan pengobatan kanker dengan menggunakan terapi radiasi atau dengan operasi. Dalam kemoterapi pengobatan difokuskan pada obat-obatan. 

Umumnya dalam meminum obat dilakukan secara bertahap dan berurutan. Pengobatnya ada yang menggunakan obat tunggal atau dikombinasikan dengan obat lain. Obat yang dikombinasikan ini memiliki cara kerja yang sendiri-sendiri namun bisa bekerjasama untuk menyembuhkan kanker.

Dengan memanfaatkan kombinasi obat ini akan mengurangi resistensi  dalam penggunaan obat tinggal. Selain itu diperlukan konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan resep obat yang sesuai dan dosisnya tepat bagi penderita kanker. Dengan demikian pengobatannya bisa maksimal dan tepat.

Tujuan dari kemoterapi

Secara umum tujuan dari kemoterapi adalah menyembuhkan kanker. Namun dalam pengobatan menggunakan obat kombinasi  juga ada tujuan lain. Tujuan tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Membabat habis sel kanke
  • Mencegah kanker kambuh lagi
  • Menjaga agar kanker tidak menyebar
  • Membunuh sel kanker yang memungkinkan berganti menyerang organ yang lain.
  • Mengurangi dan meredakan gejala-gejala yang diakibatkan kanker.
Namun dalam kenyataannya hasil yang didapat berbeda-beda. Hal itu dikarenakan tingkat stadium dan kondisi yang berbeda. Dengan demikian tujuan dari pengobatan juga disesuaikan dengan tingkat stadiumnya.

Dan juga perlu di ingat bahwa dalam proses pengobatan dengan kemoterapi ini penyakit kanker yang diidap tidak langsung sembuh. Proses penyembuhannya juga bertahap. Dan juga waktunya sesuai dengan tingkat keparahan dan stadium kanker tersebut.

Efek samping dari kemoterapi

Disetiap pengobatan juga menimbulkan efek samping. Begitu juga dengan pengobatan kemoterapi ini memiliki efek samping.

Dalam pengobatan kemoterapi ini menggunakan obat-obatan. Nah obat kemoterapi yang digunakan ini tidak bisa membedakan mana yang sel kanker parah dan mana yang sel normal, misalnya sel darah, sel kulit.

Oleh sebab itu obat kemoterapi juga secara tidak langsung menjadi racun bagi sel-sel tubuh. Sehingga gejala-gejala efek samping tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Perubahan pada warna kuku menjadi gelap
  • Anemia
  • Rambut rontok
  • Bibir kering, sariawan, dan iritasi
  • Mudah lelah
  • Mudah sakit
  • Perubahan mood, kognitif, dan kemampuan daya ingat
Itulah efek samping yang secara umum muncul dari kemoterapi ini. Bagi orang yang menjalani terapi pasti terasa sangat berat. Namun dokter juga berusaha untuk mencegah dari efek samping ini.

0 Response to "Mengenal Kemoterapi, Pengertian Dan Efek Sampingnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel