Konsumsi Brokoli Setiap Hari Agar Dapat Manfaat Ini

Manfaat Brokoli bagi Kesehatan

Konsumsi Brokoli Setiap Hari Agar Dapat Manfaat Ini - Siapa yang tak kenal dengan sayuran ini. Sayuran hijau ini bernama brokoli. bentuknya seperti bunga kol dengan warna hijau. Brokoli termasuk dalam jenis suku kubis-kubisan. Jadi brokoli masih satu keluarga dengan kobis.

Menurut Wikipedia, Brokoli berasal dari daerah laut tengah dan sudah dibudayakan sejak jaman Yunani kuno. Dengan demikian sayuran ini sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu. 

Brokoli bentuknya bulat diatas dan mempunyai tangkai. Bentuknya sangat mirip dengan sayuran bunga kol. Dari tangkainya sampai atas bisa dimakan semua. Umumnya brokoli dimasak dengan cara di rebus atau di tumis. Brokoli juga biasanya dicampur dalam sop, bisa juga dijadikan campuran cap cay. 

Taukah kamu, kalau brokoli ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Brokoli merupakan sayuran tanpa lemak. Sangat dianjurkan bagi orang yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu brokoli juga mengandung kalori dan serat yang tinggi, vitamin C, A, B6, potasium, zat besi, fosfor.

Anti oksidan yang terkandung dalam brokoli juga sangat tinggi. Dengan demikian, mengkonsumsi brokoli juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dan juga fungsi anti oksidan yang lain adalah menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Brokoli memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain menjaga kesehatan tubuh, dapat meningkatkan tenaga, meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, ada manfaat lain dari brokoli ini. apa saja manfaatnya? yuk kita ulas.

Dapat mencegah kanker

Sama dengan sayuran yang satu keluarga kubis yang lain. Brokoli mampu mencegah kanker. Kandungan zat dalam brokoli ini yang mampu melawan kanker. Selain itu sayuran ini memiliki khasiat yang lain, yaitu menjaga tubuh agar tidak terkena kanker. Untuk mengatasi kanker, sebaiknya brokoli dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang. Karena kandungan gizi akan hilang saat dimasak terlalu matang.

Sebagai anti-inflamasi

Anti-inflamasi dapat diartikan sebagai memperlampat kerusakan sendi. Kandungan nutrisi dalam brokoli mampu mencegah dari kerusakan sendi. Nutrisi tersebut adalah sulforaphane, zat ini mampu para penderita radang sendi, karena zat ini mampu menghambat enzim yang mampu merusak sendi, dan menghambat molekul penyebeb radang.

Mengurangi kolesterol 'jahat'

Orang yang menderita kolesterol akan cenderung menhindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol. Namun dengan mengkonsumsi brokoli bisa menurunkan kolesterol. Kandungan serat yang tinggi akan mengikat dan mengeluarkan kolesterol dengan cara mengikat asam empedu didalam saluran pencernaan. Kolesterol akan mudah dikeluarkan dari tubuh melalui sistem ekskresi.

Dapat menguatkan jantung

Selain menurunkan kolesterol, sayuran ini juga dapat memberi manfaat dalam menguatkan jantung. Kandungan serat yang tinggi juga dapat memperkuat jantung. Dan juga bisa menjaga pembuluh darah tetap kuat.

Menjaga kesehatan tulang

Brokoli mengandung vitamin K. Vitamin ini sangat baik bagi kesehatan tulang. Selain itu juga mengandung kalsium, magnesium, seng, dan fosfor. Zat gizi inilah yang dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah osteoporosis.

Brokoli juga dianjurkan diberikan kepada anak. Karena kandungan gizi ini baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu mengkonsumsi brokoli memberi manfaat bagi anak- anak adalah mampu menguatkan tulang dan memaksimalkan pertumbuhan anak.

Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti uraian diatas kalau brokoli ini mengandung banyak serat. Serat yang tinggi tersebut bermanfaat dalam menjaga dan melancarkan pencernaan.

Sebagai obat anti penuaan

Penuaan adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar itu penuaan yang disebabkan oleh zat radikal bebas. Brokoli yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi penggunaan akibat zat radikal bebas.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan Lutein dalam brokoli ini dapat menjaga kesehatan mata. Zat lutein dalam brokoli ini sama dengan yang terkandung dalam wortel. Dengan demikian brokoli baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak.

Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan. Dalam pemanfaatan alangkah baiknya memasak brokoli jangan terlalu matang. Itu dikarenakan akan menghilangkan kandungan gizi dalam brokoli. Masaklah paling lama 20 menit dengan api sedang. Sekoga bermanfaat

0 Response to "Konsumsi Brokoli Setiap Hari Agar Dapat Manfaat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel