7 Cara Mencegah Anak Kecanduan Permen

Mencegah Anak Kecanduan Permen 



7 Cara Mencegah Anak Kecanduan Permen - Siapa yang tak suka dengan makanan yang manis satu ini. Adalah permen, makanan manis yang digemari banyak orang terutama anak-anak. Permen dijual dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya permen, tetepi makanan manis lainnya seperti coklat ada baiknya jika dikonsumsi anak dibatasi. Hal tersebut ditujukan agar anak tidak kecanduan makanan manis. Karena jika anak sudah kecanduan makanan manis, tentu akan berbahaya bagi kesehatan.

Kita semua tahu, bahwa permen dan coklat mengandung banyak gula. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula tentu akan berbahaya bagi kesehatan. Demikian juga jika dikonsumsi  terutama bagi anak - anak akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. Dampak tersebut yang muncul antara lain bisa menyebabkan anak obesitas, gigi rusak, dan lebih parahnya bisa menyebabkan diabetes di usia muda.

Sebagai orang tua tentu tidak ingin jika anaknya mengalami kecanduan makanan manis, terutama permen dan coklat. Orang tua tidak ingin anaknya mengalami dampak negatif akibat terlalu banyak makan makanan manis, terutama permen dan coklat.

Perlunya sebuah cara yang tepat agar anat tidak kecanduan makanan manis terutama permen dan coklat. Berikut adalah cara agar anak tidak kecanduan permen dan cokelat.

1. Berikan permen atau coklat dalam jumlah sedikit

 Mencegah bukan berarti melarang. Jika anak dilarang makan permen temtu saja akan membuat anak kemungkinan kecewa. Pemberian dengan porsi sedikit adalah salah satu cara agar anak tidak kecanduan permen.
 

2. Jangan berikan permen atau coklat sebagai hadiah

Permen atau coklat diberikan sebagai hadiah? Saya rasa ini adalah tidak tepat.  Karena jika anak diberi hadiah permen atau coklat atas prestasinya maka akan meningkatkan kesukaan anak terhadap permen atau coklat.

Tentu ini akan menjadi potensi kecanduan permen atau coklat. Ada baiknya pemberian hadiah bagi anak adalah sesuatu yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

3. Pilihlah kualitas permen untuk anak

Jika anak diberi permen atau coklat, perhatikan juga komposisi dari makanan tersebut. Sekarang ini telah ada permen atau coklat yang mengandung gizi tambahan. Lebih baik memberikan permen atau coklat pada anak yang mengandung gizi dalam porsi sedikit daripada memberikan permen atau coklat dalam porsi banyak namun tidak mengandung gizi.

4. Kombinasi dengan makanan lain

Kombinasi ini lebih tepatnya untuk coklat. Misalnya coklat dicampur dengan pisang. Dengan demikian akan mengurangi potensi kecanduan coklat dan juga akan menambah nutrisi makanan bagi anak.

5. Yakinkan untuk memakannya dilain waktu

Jika anak telah makan permen sesuai dengan porsinya, maka orang tua harus bisa meyakinkan anak untuk memakan esok hari. Dengan demikian akan bisa mengurangi konsumsi permen atau coklat pada anak.

6. Waspadai juga pemberian minuman manis kemasan

Sekarang ini telah banyak beredar minuman manis dalam kemasan. Tentu ini juga patut dikontrol konsumsi bagi anak. Kandungan pemanis sintetis pada minuman manis kemasan jauh lebih berisko daripada permen. Pemanis sintetis ini sangat besar pengaruhnya dalan obesitas.

7. Ganti dengan buah

Yups. Buah adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi. Selain itu buah juga rasanya manis. Buah sangat dianjurkan sebagai pengganti camilan manis untuk mengganti permen atau coklat. Buah akan memberikan manfaat yang banyak hagi tumbuh kembang anak.

Itulah beberapa cara mencegah agar anak tidak kecanduan makanan manis. Peran orang tua dalam mengontrol anak ada kunci dari keberhasilan mendidik anak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mencegah Anak Kecanduan Permen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel